Dimana Tempat Shalat Jum’at di ANU?

Posting kali ini didasari dari pengalaman saya mencari Jama’ah Shalat Jum’at untuk pertama kalinya di kampus Australian National University (ANU). Saat itu saya coba nyari-nyari di google dengan kata kunci “shalat jumat di ANU”.  Akhirnya,  nemu beberapa link seperti punya: Pak  Uded Rajo Bagindo dan Pak  Nico Andrianto. 

Meskipun begitu ada beberapa hal yang mungkin bisa saya tambahi biar lengkap dari dua tulisan tersebut. Saya pun berinisiatif, kali aja ada calon MABA (Mahasiswa Baru) ANU  yang juga nyari jamaah shalat Jum’at.  Jujur saja, ketika saya tersesat saat pertama kali shalat Jum’at setelah menginjakkan kaki di Canberra (Australia). Dannn telat tinggal shalat doang nggak kebagian ceramah itupun lari-lari karena kudet alias kurang update. Jadi, semoga ada yang membaca blog ini besok-besok nggak telat dan bingung mau Jum’atan dimana. Aamiin 🙂

Saya menulis ini juga karena kangen yang membuncah untuk bisa memahami kutbah Jum’at. Di Belanda, para pelajar susah mendapatkan shalat jumat dengan bahasa Indonesia (yaiyalah) atau Inggris. Biasanya kalau tidak bahasa Arab, Turki dan Belanda. Dan kondisi ini sudah ane jalan satu tahun bang! 😀 Perasaan kami-kami ini ketika jum’atan susah diungkapkan.  Gimana nggak kangen tuh denger “Jamaah Masjid Kampus UGM yang dirahmati oleh Allah…” atau “Dear brother ….”. Untuk Jum’atan di Belanda Kapan-kapan ane tulis di post yang lain ya gaes 🙂

OK, jadi kemana kalau mau shalat Jum’at di ANU?

#1 Sporsthall ANU (link gmaps)

sporthall

Mahasiswa Muslim di ANU cukup beruntung difasilitasi tempat untuk jumat di dalam lingkungan kampus. Waktu itu periode 2013-2015, kalau nggak salah ada sekitar 400an muslim di kampus ANU . Untuk mengakomodasi kebutuhan ruhani mereka itulah kemudian kampus mengijinkan menggunakan ANU sportshall untuk Friday Prayer. Mereka yang mau sewa lapangan buat basket atau futsal bisa setelahnya. Kadang belum selesai shalat-nya, sudah ada mahasiswa yang nyewa sudah siap-siap basket.  Sportshall ini yang menjadi tempat reguler, misal ada acara atau exam di ruangan tersebut maka tempat shalat jumat kita akan pindah di DOJO  atau ke Mushola ANUMA.

pengumuman

Contoh pengumuman pindah tempat Jum’atan. Source: Muslim Students’ Association ANU

Waktu penyelenggaraannya kisarannya di Jam 13.00. So, jika teman-teman mau njadwal kuliah ada baiknya diatur ambil kuliahnya nggak nabrak jam tersebut. Jikapun nabrak minimal masih bisa nelat tapi nggak jauh-jauh amat 😛 Alhamdulillah selama kuliah belum nemu jadwal kuliah ama ujian nabrak dengan Shalat Jum’at.  Terkait dengan waktu ada broadcast sms untuk tempat penyelenggaraan shalat jumat atau ada pengumuman di FB-nya ANUMA bisa di-cek disini. Sayangnya, kayaknya jarang update. Tapi langganan SMS broadcast itu yang sepertinya penting, saya dah pernah coba tapi gagal, akhirnya mengandalkan nanya temen-temen yang kiranya lebih sholeh. hehe.

Jika waktu tidak menjadi masalah, yang menjadi problem buat ane saat itu adalah gedung kuliah ane di Crawford dengan sportshall lumayannnn jauhhh jika jalan, gan. Butuh sekitar 10-15 menit.  Makanya sangat disarankan punya sepeda, masbro. Kalau agak pinter cari parkiran  gratisan atau nggak masalah bayar parkir bisa bawa mobil, boss. Hanya 2 dolar AUD per jam biasanya jika shalat jumat habis 2 jam.  Itu masih murah lah, jika dibandingkan rate per hour jadi cleaner 😀

Tidak hanya student dan cleaner (wkwk) yang jadi jama’ah, ada juga para pekerja di sekitaran kampus. Nah mereka ini yang kadang ada batas waktu lunch time karenanya tiap habis shalat langsung cao. Suatu saat, ada kejadian menarik di salah satu khutbah. Suatu ketika seorang khatib mungkin lupa akan waktu, sehingga agak sedikit molor. Tiba-tiba ada seorang jama’ah berdiri dan protes bahwa khutbah terlalu panjang dan mohon segera diakhiri. Bapak khotib PD aja nerusin cuman emang jadi lebih singkat. Jamaah pada mesam-mesem. Mewakili suara hati mereka kali ya. haha. Baru kali ini tahu bisa ada ginian,gan!

Sayang sekali foto-foto di sportshall belum ketemu. Misal ada akan saya update deh nanti. Oh iya, tips jika mau datang kesini ada baiknya juga wudhu dulu di tempat lain karena tempat wudhu waktu dekat-dekat adzan bakal rame dan kecil. Plus datang lebih awal buat nggelar-gelar tikar/karpet. Ngamal om. Tapi saya jarang juga sih. hehe.

#2 DOJO ANU (link gmaps)

Opsi lain misal sportshall nggak bisa dipakai adalah di DOJO tempat karate/taekwondo/Judo/Aikido. Tempatnya masih di lingkungan ANU Sports jadi gak jauh-jauh amat jika terlanjur kecele’ ke hall. Petanya saya lampirkan di bawah ya. Fotonya di download dari FB-nya Muslim Student’s Association ANU.

dojo-hall

Foto Tampak Atas; Source: Muslim Students’ Association ANU

DOJO ini tempatnya lebih adem dan  beralaskan matras buat para penggiat martial arts. Namun dari segi ukuran lebih kecil dari gym, jadi ada baiknya datang awal masbro. Kenapa? Karena nggak ada sound system. Jadi kalau kebiasaan duduk bersama Barzagli, Bonucci dan Cheilini serta Buffon di barisan belakang, kita nggak bakal denger tuh khotib bilang apa. Dengarnya pas doa penutup doang.  Apalagi pas dipasangin kipas angin yang juga keluar bunyi white noise. Ngantuk deh 😀   Untuk itulah, masbro,  jadilah seperti Mandzukic, Dybala atau Higuain: di barisan depan. Wkwk.

dojo

Jika mau masuk ke DOJO tinggal ke pintu depan ini naik ke lantai dua belok kanan. Dekat lapangan squash 😀

#3 Mushola ANUMA (ANU Muslim Association)  (link gmaps)

anuma

Musholla ANUMA tampak depan

Opsi ketiga alias terakhir adalah di Mushola ANUMA di deket Menzies Library. Mushola ini dikelola oleh ANU Muslim Student Association Tempatnya lumayan nyaman karena sudah berkarpet dan wangi. Nah masalahnya Mushola ANUMA ini nggak muat untuk menampung 150-200an jamaah. Maka terkadang luber ke jalan. Namun, jangan khawatir,  shalat Jum’at di Mushola ANUMA itu jarang banget sih sebenarnya.

anuma-zoom-out

ANU Musholla tampak dari atas. Source: Muslim Students’ Association ANU

Selama 2 tahun kuliah di ANU, baru dua kali Jum’atan disana. Dan itu pas pertama kali Jum’atan di ANU. Jadi, saat itu saya jalan dari Crawford–> sportshall –> dojo –> Mushola ANUMA. Bagi yang pernah tahu besarnya kampus ANU.  Jalan dengan rute tersebut cukup membakar kalori di perut anda gan! Saya nemunya pun tidak sengaja, hanya mengikuti ada mas-mas Pakistan berjubah dan berjenggot panjang jalan cepet. Entah kemana saya ikutan dia dari belakang. Coba kalau jalan cepetnya cuman mau ke toilet? hehe. Alhamdulillah, masnya sama tujuannya mau Shalat Jum’at.

Ok, saya akui, belum move on dari Canberra 🙂

Rotterdam, 28 Desember 2017

signature-pugo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s